Chang Siew Yee

Pendidikan Seni Visual

Diorama - Tutorial Diorama Sederhana

  
Setelah memberikan tutorial tentang tekhnik weathering di paper model, saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat diorama sederhana. Kali ini saya akan memakai tema padang pasir. Perlu diperhatikan seperti tekhnik weathering dalam membuat diorama harus diperlukan kehati-hatian agar tidak berlebihan dalam pengerjaannya. Sehingga model yang dibuat tidak over reality (melebih kenyataan yang sebenarnya).

sekarang lanjut ke alat-alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Karton tebal ukuran kurang lebih 1 mm
  • Kertas putih
  • Lem PVAC
  • Kuas rata dan kuas bundar (nomor 1 dan 2)
  • Crayon Pastel
  • Facial Tissue
  • Tusuk gigi
  • Cat Akrilik
Untuk langkah-langkahnya :
  1. Ukurlah karton dan kertas putih sesuai dengan ukuran model anda. Dalam hal ini berilah area kosong kurang lebih 2 cm untuk semua sisi. Hal ini diperlukan agar model bisa terlihat dengan jelas dan tidak membuat ilusi model anda terlalu besar untuk dioramanya. Untuk model JGSD Komatsu LAV ini ,saya hanya membuat base diorama sebesar ukuran A5. Lem kertas putih yang sudah ada sebagai alas base diorama diatas kertas karton yang telah diukur tadi.
  2. Ambillah 2 atau 3 lembar facial tissue (tissue yang digunakan sebagai pembersih muka). Lalu buatlah dengan bebas kontur permukaan tanah yang anda inginkan dengan cara menekuk atau menambah ketebalan kertas tissue. Berekspresilah dengan bebas, tapi harus diingat agar tidak berlebihan. Setelah itu tempelkanlah kertas tissue tadi yang sudah membentuk kontur tanah dengan tusuk gigi dan lem PVAC ke base. Lemlah dengan kuat agar tidak terlepas. Jangan membasahi tissue tersebut, karena akan membuat pengerjaan untuk mengecat menjadi sulit.
  3. Mulailah pengecatan dengan cat acrylic meggunakan kuas. Ingat pengecatan yang dilakukan ialah dry brushing (tidak mencampurkan cat dengan air sama sekali). Ambillah pertama-tama kuas ukuran nomor 2 untukmengecat warna tanah di padang pasir pada umumnya. Catlah dengan rata. Setelah itu gunakan kuas ukuran nomor 1 untuk mengecat kontur tanah dari tissue tersebut dengan menggunakan warna yang lebih gelap.Jangan pernah mengecat dengan sekali lapisan, gunakanlah beberapa kali pengecatan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
  4. Gunakanlah crayon pastel untuk menambah efek kotor (dirt) kepada tekstur dengan cara mengarsir terlebih dahulu dan dengan menggunakan kuas ditaruh dengan perlahan agar bisa menempel dan memebentuk efek kotor pada tekstur tanah tersebut.
Artikel ini dipetik dari http://perikertas.com/index.php/.../79-tutorial-diorama-sederhana

0 评论:

发表评论

About Me

我的照片
Chang Siew Yee
Pandan Indah, Selangor, Malaysia
No.Matrik :D20102041808 Pengkhususan Major/Minor:Bahasa Cina/PJK Semester pengajian :2 Alamat Sekolah:SJK(c)ON PONG,LOT6JALAN BESAR 68000 AMPANG,SELANGOR
查看我的完整个人资料

Time

search this blog

MyGuru

My UPSI portal

facebook

The total number of Browse

Blogger 提供支持.

Followers